EVENT ORGANIZER EXHIBITON
BISNIS SEBAGAI ORGANIZER PAMERAN
- Organizer pameran merupakan cabang bisnis entertainment yang mengkhususkan penyelenggaran pameran atau exhibition
- Kegiatan pameran dibagi dalam beberapa jenis, dan dalam hal ini pembahasan khusus mengenai PAMERAN DAGANG ( TRADE EXHIBITION), yaitu pameran khusus yang mempertemukan pembeli dengan penjual untuk menciptakan pasar sehingga dapat terjadi kontak bisnis langsung
- Pameran Dagang (Trade Fair) dibagi menjadi :
1. General Trade Fair (Pameran Aneka Produk)
2. Special Trade Fair (Pameran Produk Khusus) - Syarat-syarat untuk mempersiapkan suatu Pameran dagang, antara lain :
1. Konsep Program
2. Pembiayaan
3. Infra Struktur
4. Sumber Daya Manusia/SDM
5. Teamwork yang solid - Konsep Program
Harus disesuaikan dengan keinginan pihak penyelenggara - Pembiayaan
Merencanakan/memperhitungkan kebutuhan seluruh biaya dengan baik dan benar - Infra Struktur
Memperhatikan lingkungan setempat serta kebutuhannya, seperti : lalu lintas, kendaraan umum,lokasi, dsb. - Sumber Daya Manusia/SDM
Kebutuhan tenaga kerja harus menguasai pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya - Teamwork yang solid
Khususnya pihak EO harus dapat bekerjasama dengan pihak penyelenggara - Hal lain yang perlu diperhatikan dalam penyelenggaran Pameran Dagang (Trade Fair), antara lain adalah :
1. Persiapan waktu yang cukup
2. Pengamatan kondisi setempat
3. Perencanaan pameran
4. Tenaga kerja yang tepat (Right man in the right place)
5. Kepanitiaan yang solid dan menguasai kerja dilapangan - Waktu Persiapan
Untuk mempersiapkan suatu Pameran Dagang (Trade Fair), baik General Trade Fair, maupun Special Trade Fair, diperlukan waktu, sbb :
SKALA LOKAL = 6 s/d 12 bulanSKALA NASIONAL maupun INTERNASIONAL = minimal 12 bulan - Pengamatan Kondisi Setempat
Diperlukan untuk mengetahui sampai sejauh mana suatu Pameran Dagang (Trade Fair) dapat diterima audience sehingga tercipta suatu pasar. - Yang menjadi Pertimbangan Pengamatan adalah :
1. Kemampuan/daya beli lingkungan dimana pameran akan diadakan
2. Akses transportasi
3. Keamanan
4. Fasilitas/Infra struktur yang tersedia
5. Jenis dan ragam produk pameran yang digemari konsumen - Perencanaan Pameran, terdiri dari :
1. Proposal Pameran
2. Perkiraan Biaya (RAB)
3. Network Planning & Pemesanan Tempat/Lokasi
4. Action Plan
5. Recruiting SDM
6. Public Relation, Promosi, dan Publikasi - Persiapan teknis dilapangan (seperti : pemetaan, pembangunan stan, pembuatan dekorasi, main gate, ete catcher, display barang, dll) :
1. Pelaksanaan pameran
2. Pembongkaran
3. Penyelesaian & Evaluasi
4. Peluncuran program lanjutan dan program baru - Right Man In The Right Place
- Semua tenaga kerja yang terlibat pada penyelenggaraan acara pameran ini harus tenaga-tenaga yang menguasai bidang kerjanya, sehingga dapat dipertanggung jawabkan yang pada akhirnya komplain dari konsumen dapat di minimalisasi
- Peserta pameran harus mempertanggungjawabkan tenaga kerjanya (petugas/sales promotion) yang handal dan menguasai produk yang dipamerkan - Kepanitiaan yang solid
- baik EO maupun penyelenggara harus menjadi kesatuan yang solid, sehingga tidak saling menuding apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, khususnya kepada peserta pameran dan konsumen pada umumnya.
---------------------------------------------end-----------------------------------------
Tidak ada komentar:
Posting Komentar