Senin, 13 Agustus 2012

catetan EO (part 2)

EVENT ORGANIZER EXHIBITON
BISNIS SEBAGAI ORGANIZER PAMERAN


  • Organizer pameran merupakan cabang bisnis entertainment yang mengkhususkan penyelenggaran pameran atau exhibition
  • Kegiatan pameran dibagi dalam beberapa jenis, dan dalam hal ini pembahasan khusus mengenai PAMERAN DAGANG ( TRADE EXHIBITION), yaitu pameran khusus yang mempertemukan pembeli dengan penjual untuk menciptakan pasar sehingga dapat terjadi kontak bisnis langsung
  • Pameran Dagang (Trade Fair) dibagi menjadi :
    1. General Trade Fair (Pameran Aneka Produk)
    2. Special Trade Fair (Pameran Produk Khusus)
  • Syarat-syarat untuk mempersiapkan suatu Pameran dagang, antara lain :
    1. Konsep Program
    2. Pembiayaan
    3. Infra Struktur
    4. Sumber Daya Manusia/SDM
    5. Teamwork yang solid
  • Konsep Program
         Harus disesuaikan dengan keinginan pihak penyelenggara
  • Pembiayaan
         Merencanakan/memperhitungkan kebutuhan seluruh biaya dengan baik dan benar
  • Infra Struktur
         Memperhatikan lingkungan setempat serta kebutuhannya, seperti : lalu lintas, kendaraan umum,lokasi, dsb.
  • Sumber Daya Manusia/SDM
         Kebutuhan tenaga kerja harus menguasai pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya
  • Teamwork yang solid
         Khususnya pihak EO harus dapat bekerjasama dengan pihak penyelenggara
  • Hal lain yang perlu diperhatikan dalam penyelenggaran Pameran Dagang (Trade Fair), antara lain adalah :
    1. Persiapan waktu yang cukup
    2. Pengamatan kondisi setempat
    3. Perencanaan pameran
    4. Tenaga kerja yang tepat (Right man in the right place)
    5. Kepanitiaan yang solid dan menguasai kerja dilapangan
  • Waktu Persiapan
         Untuk mempersiapkan suatu Pameran Dagang (Trade Fair), baik General Trade Fair, maupun Special Trade Fair, diperlukan waktu, sbb :

    SKALA LOKAL = 6 s/d 12 bulan
    SKALA NASIONAL maupun INTERNASIONAL = minimal 12 bulan
  • Pengamatan Kondisi Setempat
         Diperlukan untuk mengetahui sampai sejauh mana suatu Pameran Dagang (Trade Fair) dapat diterima audience sehingga tercipta suatu pasar.  
  • Yang menjadi Pertimbangan Pengamatan adalah :
    1. Kemampuan/daya beli lingkungan dimana pameran akan diadakan
    2. Akses transportasi
    3. Keamanan
    4. Fasilitas/Infra struktur yang tersedia
    5. Jenis dan ragam produk pameran yang digemari konsumen
  • Perencanaan Pameran, terdiri dari :
    1. Proposal Pameran
    2. Perkiraan Biaya (RAB)
    3. Network Planning & Pemesanan Tempat/Lokasi
    4. Action Plan
    5. Recruiting SDM
    6. Public Relation, Promosi, dan Publikasi
  • Persiapan teknis dilapangan (seperti : pemetaan, pembangunan stan, pembuatan dekorasi, main gate, ete catcher, display barang, dll) :
    1. Pelaksanaan pameran
    2. Pembongkaran
    3. Penyelesaian & Evaluasi
    4. Peluncuran program lanjutan dan program baru
  • Right Man In The Right Place
    - Semua tenaga kerja yang terlibat pada penyelenggaraan acara pameran ini harus tenaga-tenaga yang menguasai bidang kerjanya, sehingga dapat dipertanggung jawabkan yang pada akhirnya komplain dari konsumen dapat di minimalisasi
    - Peserta pameran harus mempertanggungjawabkan tenaga kerjanya (petugas/sales promotion) yang handal dan menguasai produk yang dipamerkan
  • Kepanitiaan yang solid
    - baik EO maupun penyelenggara harus menjadi kesatuan yang solid, sehingga tidak saling menuding apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, khususnya kepada peserta pameran dan konsumen pada umumnya.

---------------------------------------------end-----------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar