Senin, 13 Agustus 2012

Catetan EO (Part 1)


  • EO tidak jauh beda artinya dengan sebuah kepanitiaan. Mulai dari acara "Perpisahan Sekolah" sampai acara "Pesta Pernikahan", selalu terlibat dengan yang namanya panitia.
  • Organizer adalah sekelompok orang yang terdiri dari :
    1. Tim Pelaksana
    2. Tim Pekerja
    3. Tim Produksi
    4. Tim Manajemen
  • Mereka semua melaksanakan tugas operasional suatu program acara/melakukan pengorganisasian untuk mewujudkan suatu program acara
  • Berbagai bentuk acara seperti Pesta Ulang Tahun di rumah tangga, sampai tingkat Olimpiade Dunia memerlukan hasil kerja para EO.
  • Tanpa sentukan EO, acara tersebut tidak akan dapat terwujud.
  • Istilah penyebutan EO bisa berbeda beda, seperti: Panitia Pelaksana, Organizing Committee, Production, dsb.
  • Begitu luasnya lingkup kerja EO sehingga dapat menjadi alternatif profesi yang dapat menampung tenaga kerja.
  • Sistem kerja EO sama dengan sistem kerja pada  bidang pekerjaan lain, hanya dibedakan akan :
    - Klasifikasi Program
    - Beban Kerja
    - Anggaran/Dana dan SDM yang terlibat.
  • Ilmu EO merupakan gabungan antara teori dan praktek di lapangan, tetapi juga perlu didasari dengan prinsip Metodelogis dan Manajerial Profesional.
  • Secara umum kepuasan maupun tingkat keberhasilan acara/event dapat dilihat dari :
    - Perencanaan matang
    - Schedule terkendali
    - Penampil dapat tampil tanpa beban dan hambatan
    - Jumlah penonton/audience sesuai target
    - Keuangan yang aman
    - Adanya kejutan imajinasi artistik bagi penonton dan semua pihak
  • Kunci Sukses seorang EO :
    1. Bekerja dengan totalitas yang tinggi
    2. Berfikir kreatif dan inovatif
    3. Mempunyai disiplin yang tinggi
    4. Mempunyai percaya diri/kepribadian yang menarik
    5. Mampu bekerja sama
    6. Mampu bernegosiasi & berkomunikasi dengan baik
    7. Mampu menyusun konsep & membuat perencanaan
    8. Mampu mengatur & mengatur biaya
    9. Mampu mengembangkan seni imajinasi
    10. Selalu membuat evaluasi kerja
    11. Perfeksionis
    12. Peka dengan keadaan sekitar
    13. Membuka pergaulan seluas-luasnya (karena dunia showbiz adalah dunia pergaulan & relasi)
    14. Meninggalkan kesan positif dengan semua pihak
    15. Tidak mudah menyerah dalam mencari penyandang dana
  • Macam-macam jenis acara dapat dikelompokkan sbb :
    1. Olahraga
        - Pertandingan Profesional
        - Kompetisi Peringkat
        - Pertandingan persahabatan/exhibisi
        - Lomba-lomba
    2. Hiburan/Entertainment
        - Profit Oriented
        - Non Profit (Sosial, yayasan, dll)
        - Pementasan/Pagelaran Program Acara (variety, musik, tari, drama, dsb)
        - Lomba/Festival (Idol, Mamamia, KDI, Ikon, dsb)
        - Pentas/Exhibisi/Apresiasi
    3. Topik/Wicara
        - Diskusi
        - Seminar
        - Sarasehan
        - Talkshow
        - Dialog
        - Presentasi
    4. Pameran
        - Pameran Komoditas Perdagangan
        - Pameran Seni (lukis, batik, patung, foto, furniture, dsb)
    5. Pribadi/Private
        - Pesta Pernikahan
        - Pesta Ulang Tahun
        - Syukuran
        - Jabatan Baru
        - Pisah Sambut
        - Family Gathering/Out Bond
  • Urutan posisi sesuai dengan lingkup kerja dan tanggung jawab :
    1. Penyandang dana : adalah pihak yang mengeluarkan dana
    2. Pelaksana : adalah EO yang bekerja keras untuk mewujudkan suatu acara dan memberikan kepuasan kepada semua pihak
    3. Penampil : adalah "kunci" daya tarik suatu program
    4. Penonton : faktor pendukung/penonton sangat penting karena merupakan salah satu tolak ukur kesuksesan suatu acara/event
    5. Pengamat : biasanya dari kalangan pers, hal ini sangat berpengaruh akan publikasi secara tidak langsung
  • Prinsip Dasar Kerja EO :
    a. Kontrol Pelaksana
           Dilakukan saat mendekati hari H maupun saat pelaksaaan, untuk menghindari hal-hal yang tak terduga dan sudah dipersiapkan rencana/Plan A, B, C, dst.
    b. Doa Bersama
           Penting dilakukan karena dapat membangun rasa kebersamaan yang solid dan memohon kepada Yang Maha Kuasa untuk memberikan karunia dan kelancaran acara
    c. Laporan Akhir
           Setelah evaluasi, laporan tertulis harus tersusun rapi dan lengkap termasuk dokumentasi.



--------------------------------------------- end ---------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar